Senin, 10 Agustus 2015

Gua Tumpuk yang Malang

Gua Tumpuk
       
Ternyata Blitar, kota kecil di bagian selatan Jawa timur ini, menyimpan berjuta-juta keindahan dan  keajaiban alam. Salah satunya adalah Goa Tumpuk. Goa ini terletak di Desa Selokajang, Dukuh Maron, Selokajang, Kecamatan Srengat. 
         Jarak goa ini dari pusat pemerintahan Kecamatan Srengat kurang lebih 7  km dan bisa ditempuh dalam waktu 10 menit. Bila kita berangkat dari  pusat pemerintahan Kecamatan Srengat, dari jalan raya kita cari perempatan di sebelah Barat pasar Srengat,  ambil jalan ke selatan terus, kemudian ke timur. Setelah bertemu monumen Sentra Gula Kelapa, jalan ke selatan sampai hampir mencapai Sungai Brantas. Jalan menuju ke gua tidak begitu mudah dikenali karena harus lewat kompleks makam Tionghoa. Jalan  akses menuju ke lokasi inilah yang masih terjal dan rusak.
        Guanya kecil, kata penduduk setempat, hanya sekitar 50 m. Dinamakan goa Tumpuk mungkin karena di atas goa terdapat gundukan batu yang besar. Orang Jawa menyebutnya tumpuk. Di sekitar goa sangat sepi. Dulu ada juru kunci yang bernama Ponirin, namun, sekarang tidak ada lagi karena orangnya sudah meninggal dan tidak ada penerusnya. Udara di dalam goa sangat dingin dan lembab.
Saat ini, banyak orang yang berkunjung ke sana untuk melihat keadaan goa. Memang pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, namun melihat keadaan goa yang sangat kotor dan dipenuhi dedaunan kering dari pohon di sekitarnya, tentu membuat orang enggan untuk datang. Kondisi gua kelihatan tidak terurus dan tidak mendapat perhatian dari aparat Desa untuk di kembangkan menjadi lokasi wisata.

5 komentar:

  1. SAMPAI SAAT INI PUN TEMPAT INI JUGA SANGAT MALANG...

    BalasHapus
  2. Monggo saudaraku semua jika ada yang tahu tentang sejarah goa tumpuk bisa disampaikan, kita pingin menggali sejarah dari tempat tsb, agar anak cucu kita tidak kehilangan dan tahu sejarah dari tempat tsb

    BalasHapus
  3. Ayo siapa yang mau menggali sejarah goa tumpuk? Kita bisa melakukan sebuah penelitian disana

    BalasHapus